Tips 8

10 Fakta Dalam Wawancara Kerja

 

Gugup menghadapi wawancara kerja untuk pertama kalinya? Wajar, apalagi bagi mereka yang baru lulus SMA atau kuliah. Nah coba simak 10 pertanyaan berikut yang kerap dilontarkan pewawancara. Lihatlah jawaban Anda.

Coba Ceritakan Sedikit Tentang Diri Anda. Ini semacam ice breaker dalam wawancara, tapi harus berhati-hati dalam menjawab karena cakupan jawabannya bisa melebar. Triknya, fokus pada aspek akademis dan pengalaman yang sekiranya berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. Adalah penting bila jawaban Anda memperlihatkan minat terhadap posisi yang dilamar.

Mengapa Anda Melamar Untuk Posisi Ini?

Beri alasan bahwa profil dan pengalaman kerja Anda sesuai dengan prasyarat yang dicantumkan untuk posisi tersebut. Agar lebih meyakinkan, imbuhi keterangan bahwa reputasi, kultur perusahaan, dan prospek akrir yang ditawarkan perusahaan tersebut ikut memotivasi Anda.

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?

Untuk menjawab ini, lakukan riset kecil-kecilan seputar perusahaan yang Anda tuju, kunjungi website-nya, bahkan kunjungi tokonya kalau ada. Sebutkan seberapa terkenalnya perusahaan dan penghargaan apa yang sudah diraihnya.

Apa Bentuk Penghargaan Yang Paling Anda Harapkan Dalam Berkarir?

Karena status Anda fresh graduate, memberi jawaban yang berbau finansial, seperti kenaikan gaji atau bonus, bukanlah tindakan bijaksana. Fokuskan pada penghargaan non finansial yang nantinya bakal mengangkat karir dan menjadikan Anda aset berharga bagi perusahaan. Contoh : kesempatan belajar, peningkatan karir, atau tantangan baru.

Bagaimana Anda Melihat Diri Anda Sendiri Dalam 3 – 5 Tahun Ke Depan?

Kuncinya, jawaban harus realistis dan dapat dicapai (achievable), sesuai aspirasi karir dan arah perusahaan ke depannya. Tetaplah menjaga diri agar tak terdengar ambisius.

Apakah Latar Belakang Pendidikan Anda Sudah Mencukupi Untuk Porsi Ini?

Berikan contoh spesifik dimana kualitas pribadi yang Anda miliki memang relevan dengan posisi yang dilamar. Misalnya kemampuan berkomunikasi ketika Anda mengerjakan tugas kelompok, kemampuan memenuhi deadline saat Anda mengerjakan tugas-tugas kampus dalam waktu singkat. Jangan lupa tunjukkan pula keahlian teknis Anda yang berkaitan langsung dengan pekerjaan.

Apa Kualifikasi khusus Yang Anda Miliki Untuk Posisi Ini?

Interview sebenarnya ingin melihat nyambung tidaknya posisi yang dilamar dengan kemampuan si pelamar. Jawaban Anda jangan terlalu umum. Yang paling aman, sebutkan kualifikasi yang disyaratkan untuk posisi tersbut dan hubungkan dengan kemampuan dan pengalaman Anda.

Apa Kelebihan Dan Kekurangan Anda?

Paparkan kelebihan yang Anda miliki, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan yang tengah diincar. Misalnya mudah bergaul, mudah berdaptasi dengan lingkungan dan pekerjaaan, mampu bekerja secara detail. Nah, soal kelemahan, jelaskan bahwa memang ada hal-hal yang perlu Anda perbaiki, tapi kelemahan itu tidak permanen. Kalau bisa beri contoh bagaimana kelemahan ini dapat Anda ubah menjdai hal positif.

Sudahkah Anda Melihat Situs Web Kami? Bagaimana Komentar Anda?

Beri jawaban positif. Ini kesempatan emas untuk memperlihatkan betapa Anda paham seluk beluk perusahaan dan industrinya. Sekalian juga tambahkan saran untuk memperbaiki konten atau tampilan situs web tersebut.

Apa Kriteria Yang Anda Pakai Ketika Memilih Pekerjaan?

Ingat, Anda baru lulus kuliah. Kurang bijaksana bila gaji dan tunjangan dijadikan sebagai jawaban. Minat dan kesempatan pengembangan karir adalah jawaban yang lebih tepat

Leave a Reply